(Market Strukture)
Para ahli ekonomi dalam membahas struktur pasar tidak hanya melihat tingkah laku perusahaan, tetapi lebih menitik beratkan pada berbagai kekuatan perusahaan dalam mempengaruhi pasar. Tingkah laku perusahaan banyak ditentukan oleh struktur pasar dimana perusahaan itu berada. Industri dalam teori ekonomi berarti kumpulan dari perusahaan sejenis.
Struktur pasar: pada prinsipnya berarti mengelompokan produsen/perusahaan yang terdapat didalam industri kedalam beberapa bentuk pasar berdasarkan :
- Jenis barang yang dihasilkan.
- Banyaknya/jumlah perusahaan dalam industri
- Mudah tidaknya keluar masuk dalam industri
- Peranan iklan dalam kegiatan industri (pasar).
- Pasar persaingan sempurna (perfect competition).
- Pasar monopoli(monopoly)
- Pasar persaingan monopolistik (persaingan tidak sempurna)
- Pasar oligopoli(oligopoly)
Pasar persaingan sempurna : merupakan struktur pasar atau industr di mana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual maupun pembeli tidap mempengaruhi dalam penentuan harga barang yang diperjual belikan di pasar.Harga barang yang diperjual belikan ditentukan oleh mekanisme pasar(kekuatan interaksi antara permintaan dengan dengan penawaran)
- Perusahaan adalah pengambil harga(Price Taker)
- Hambatan Untuk Masuk Pasar Bagi Suatu Perusahaan Sangat Rendah.
- Menghasilkan Barang Serupa(Identical Product)
- Terdapat Banyak Perusahaan di Pasar.
- Pembeli Mempunyai Informasi yang sempurna Tentang Keadaan Pasar.
sumber
http://ekonurzhafar.wordpress.com/2010/06/01/struktur-pasar/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar